Sabtu, 26 Maret 2016

DULU DIHINA, KINI DIKAGUMI DAN DIKENANG

Beberapa kalangan menganggap bahwa penampilan seseorang pada masa muda akan mencerminkan kehidupan orang itu pada masa tua. Namun, tidak dengan orang-orang berikut ini. Mereka yang dahulunya diremehkan, justru menjadi tokoh-tokoh yang akhirnya dikagumi di seluruh dunia. Berikut ini adalah daftar orang yang pernah diremehkan dan menjadi sukses.


1. ADAM KHOO


Dia orang Singapura. Waktu kecil, ia adalah penggemar berat games dan TV. Sehari, ia bisa berjam-jam di depan TV, baik main PS atau hanya menonton TV. Adam Khoo dikenal sebagai anak bodoh. Ketika kelas empat SD, ia dikeluarkan dari sekolah, dan akhirnya masuk ke SD terburuk di Singapura. Ketika akan masuk SMP, ia ditolak oleh enam SMP terbaik di sana. Akhirnya, ia masuk ke SMP terburuk di Singapura. Begitu terpuruknya prestasi akademisnya, tapi lama kelamaan mulai  membaik justru karena cemoohan teman-temannya, hingga akhirnya ia memperoleh kesuksesan di dunia bisnis. 

Prestasi Adam di dunia bisnis ditandai pada saat Adam berusia 26 tahun. Ia telah memiliki empat bisnis dengan total nilai omset per tahun US$ 20 juta. Kisah bisnis Adam dimulai ketika ia berusia 15 tahun. Ia berbisnis music box. Bisnis berikutnya adalah bisnis training dan seminar. Pada usia 22 tahun, Adam Khoo adalah trainer tingkat nasional di Singapura. Klien-kliennya adalah para manajer dan top manajer dari perusahaan-perusahaan di Singapura. Bayarannya mencapai US$ 10.000 per jam.


2. ALBERT EINSTEIN


Siapa yang belum tahu Albert Einstein? Dialah ilmuwan terkenal abad 20 yang terkenal dengan teori relativitasnya. Dia juga merupakan salah satu peraih Nobel. Siapa sangka jika dia adalah seorang anak yang terlambat berbicara dan mengidap autisme. Waktu kecil dia juga dikenal suka lalai dengan pelajaran.


3. THOMAS ALPHA EDISON


Suatu hari, seorang bocah berusia 4 tahun, agak tuli dan bodoh di sekolah, pulang ke rumahnya membawa secarik kertas dari gurunya. Ibunya kemudian membaca kertas tersebut,
"Tommy, anak ibu, sangat bodoh. kami minta ibu untuk mengeluarkannya dari sekolah."
Sang ibu terhenyak ketika membaca surat ini, namun ia segera membuat tekad yang teguh, ”anak saya Tommy, bukan anak bodoh. saya sendiri yang akan mendidik dan mengajar dia.

Tommy kecil adalah Thomas Alpha Edison yang kita kenal sekarang, salah satu penemu terbesar di dunia. Dia hanya bersekolah sekitar 3 bulan, dan secara fisik agak tuli, namun itu semua ternyata bukan penghalang untuk terus maju.

Siapa yang menyangka bahwa bocah tuli dan bodoh yang sampai-sampai diminta keluar dari sekolah itu, akhirnya bisa menjadi seorang jenius? Jawabannya adalah sang ibu! Ya, Nancy Edison, ibu dari Thomas Alpha Edison, tidak menyerah begitu saja dengan pendapat pihak sekolah terhadap anaknya.


4. LUDWIG VAN BEETHOVEN


Jika anda mengenal seorang wanita yang sedang hamil, yang telah mempunyai 8 anak, tiga diantaranya tuli, dua buta, satu mengalami gangguan mental dan wanita itu sendiri mengidap sipilis, apakah anda akan menyarankannya untuk menggugurkan kandungannya? Jika anda menjawab "iya", maka anda baru saja membunuh salah satu komponis masyur dunia. Karena anak yang dikandung oleh sang ibu tersebut adalah Ludwig Van Beethoven. Ketika Beethoven berumur di ujung dua puluhan, tanda-tanda ketuliannya mulai tampak. Tetapi, akhirnya ia menjadi komponis yang terkenal dengan karya 9 simfoni, 32 sonata piano, 5 piano concerto, 10 sonata untuk piano dan biola, serangkaian kuartet gesek yang menakjubkan, musik vokal, musik teater, dan masih banyak lagi.


5. LOUIS BRAILLE


Louis Braille mengalami kerusakan pada salah satu matanya ketika berusia 3 tahun. Waktu itu secara tidak sengaja dia menikam matanya sendiri dengan alat pembuat lubang dari perkakas kerja ayahnya. Kemudian mata yang satunya terkena Sympathetic ophthalmia, sejenis infeksi yang terjadi karena kerusakan mata yang lainnya. Kebutaan tidak membuatnya putus asa, ia kemudian menciptakan abjad Braille yang membantu orang buta agar juga bisa membaca. Sekarang siapa yang tidak tahu abjad Braille?


6. ABRAHAM LINCOLN


Kisah Lincoln merupakan contoh klasik orang-orang yang benar-benar berani gagal. Gagal dalam bisnis pada tahun 1831, dikalahkan di pemilu lokal AS pada tahun 1832, gagal sekali lagi dalam bisnis pada tahun 1833, istri meninggal tahun 1835, mengalami patah semangat dan hampir frustasi pada tahun 1836, gagal memenangkan kontes pidato pada tahun 1837, gagal menduduki Senat AS pada tahun 1840, gagal dipilih menjadi anggota Kongres AS pada tahun 1842, tetapi dilantik menjadi anggota Kongres AS pada tahun 1846, gagal lagi menjadi anggota Kongres pada tahun 1848, gagal menjadi anggota Senat AS pada tahun 1855, gagal menjadi Wakil Presiden AS pada tahun 1856, gagal lagi menjadi anggota Senat AS pada tahun 1858. Akhirnya pada tahun 1860, ia dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat yang ke-16 dan menjadi salah satu Presiden yang sukses dalam sejarah Amerika Serikat.


7. BILL GATES


Nah, ada yang tidak kenal Bill Gates? William Henry Gates III, atau yang lebih dikenal Bill Gates adalah pendiri (bersama Paul Allen) dan juga ketua umum perusahaan perangkat lunak Amerika Serikat, Microsoft. Ia juga merupakan seorang filantropis melalui kegiatannya di Yayasan Bill & Melinda Gates. Ia pernah menempati posisi pertama dalam orang terkaya di dunia versi majalah Forbes selama 13 tahun (1995 hingga 2007). Siapa sangka dulunya dia drop out (DO) dari Universitas Harvard dan sebelumnya pernah bekerja sebagai Office Boy?


8. MARK ZUCKERBERG


Yang satu ini dinobatkan sebagai miliarder termuda dalam sejarah yang memulai dari keringatnya sendiri. Bagaimana tidak, dimulai dari sebuah situs penghubung mahasiswa Harvard, ternyata banyak yang menyukainya, dan dengan nekat, ia mengikuti jejak seniornya, Bill Gates dengan DO dari Harvard untuk mengembangkan situs tersebut menjadi Facebook yang kita kenal sekarang. Tahukah anda? Mark pernah menolak tawaran Friendster yang ingin membeli Facebook dengan nilai 10 juta US$ 10 Juta, tawaran dari Viacom US$ 750 Juta, dan yang paling mengagetkan adalah tawaran dari Yahoo! sebesar US$ Satu Miliar.


9. SOEHARTO


Siapa sangka ia pada masa kecilnya pernah hampir diremehkan ibunya sendiri dengan berpindah-pindah pengasuh hingga lebih dari dua kali dan jenjang pendidikannya pun tidak sampai tamat SMP? Namun adakah yang mengira bahwa orang itu akan menjadi Presiden paling dikenang sepanjang sejarah Indonesia dan salah satu tokoh paling berpengaruh di dunia?


10. WALT DISNEY


Siapa yang menyangka jika Walt Disney, salah satu orang terkaya yang pernah ada, dulunya bekerja di media cetak. Sayangnya karir Walt tidak begitu bagus dan akhirnya ia dipecat dari perusahaannya. Sang pimpinan berdalih jika ide-ide Walt sudah kacangan dan tak mampu membuat sesuatu yang menarik.

Setelah dipecat dari perusahaan koran tempatnya bekerja, Walt kemudian berpikir keras dengan pikirannya yang katanya tak lagi kreatif itu. Kemudian diciptakannya Mickey Mouse sebagai awal kiprah Disney yang menggila seperti sekarang.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar